Kamis, 23 Juni 2016

Lactobacillus 2


Sebelumnya http://cintailahususmu.blogspot.com/2016/06/lactobacillus-1.html

Apa Itu Lactobacillus

- Tedi Mulyadi

Lactobacillus adalah genus bakteri yang besar dengan sejumlah aplikasi yang menarik. Bakteri dalam genus ini umumnya jinak, dan benar-benar menguntungkan, di sarankan untuk digunakan karena dirancang untuk meningkatkan kesehatan.

Beberapa penggunaan secara konvensional yang umum dari bakteri Lactobacillus meliputi pemulihan yang normal flora usus setelah infeksi berat dan pengobatan bakteri vaginosis.

Bakteri dalam genus ini berbentuk batang, dan mereka dapat membentuk rantai panjang antara satu dengan sama lain ketika menjajah sesuatu. Mereka adalah gram positif, dan aerobik, membutuhkan udara untuk bertahan hidup.

Bakteri Lactobacillus merupakan klasifikasi yang lebih besar dari bakteri yang dikenal sebagai bakteri asam laktat karena mereka menghasilkan asam laktat sebagai produk sampingan ketika mereka makan. Dalam kasus Lactobacillus, bakteri hidup pada gula, mengubahnya menjadi asam laktat dan berbagai senyawa lainnya.

Dengan “lacto,” yang berarti “susu”, bakteri Lactobacillus menyukai susu. Beberapa spesies dapat menyebabkan susu menjadi asam, sementara yang lain digunakan untuk menghasilkan produk susu olahan seperti keju dan yoghurt. Lactobacillus acidophilus adalah spesies yang sangat terkenal dan digunakan untuk menghasilkan berbagai makanan olahan. Lactobacillus juga dapat digunakan dalam acar dan olahan makanan dan minuman, mulai dari bir untuk asinan kubis. Bakteri ini sengaja dimasukan untuk proses fermentasi.

Selain menyukai susu, bakteri ini juga memakan lapisan usus, di mana mereka memberikan sejumlah manfaat kepada tubuh. Bakteri Lactobacillus membantu dalam memecah makanan, membuat pencernaan lebih efisien dan memastikan bahwa orang-orang mendapatkan manfaat gizi makanan yang mereka konsumsi. Bakteri ini juga tampaknya efektif dalam tersedak dan mengkeluarkan spesies yang tidak diinginkan, karena mereka menciptakan lingkungan asam yang tidak diinginkan untuk beberapa bakteri lain dan organisme seperti ragi tertentu. Dengan kata lain, mereka adalah tetangga yang baik dalam usus.

Banyak yang diketahui tentang bakteri Lactobacillus, karena orang telah menggunakan bantuan bakteri dalam produksi pangan selama berabad-abad. Beberapa spesies telah diurutkan secara genetik, dan peneliti terus mengungkap lebih lanjut tentang anggota dunia bakteri.

Ilmuwan Makanan mempelajari bakteri ini untuk menentukan bagaimana mereka bekerja dan untuk meningkatkan keamanan pangan dengan memastikan bahwa bakteri hanya diperkenalkan dengan makanan, dan anggota komunitas medis tertarik pada aplikasi medis potensial persiapan Lactobacillus.

http://www.sridianti.com/apa-itu-lactobacillus.html




Selanjutnya http://cintailahususmu.blogspot.com/2016/06/lactobacillus-3.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar